5 Cara Yang Sering Saya Lakukan Untuk Mendapatkan Ide Tulisan Blog Dan Bisa Anda Gunakan Saat Ini Juga

Cara-menemukan-ide-tulisan-blog

Jika anda adalah seorang blogger, anda pasti sangat paham mengenai begitu pentingnya konten yang dipublikasikan di blog. Saking pentingnya, terkadang dibutuhkan berhari-hari hingga bisa menyajikannya kepada pembaca blog anda.

Banyak yang mengatakan bahwa konten adalah raja.

Terlebih kebanyakan pembaca yang datang ke blog anda memang untuk mengetahui manfaat apa yang bisa mereka dapatkan dari konten-konten di blog tersebut.

Namun, seringkali...

Sehebat apapun anda. Selama apapun pengalaman yang anda rasakan dan alami dalam dunia blogging, terkadang kita diperhadapkan pada persoalan dasar mengenai konten atau artikel apa yang akan ditulis dan dibagikan ke pembaca.

Tidak hanya anda.

Bahkan seorang Neil Patel pun pernah mengalami hal yang serupa. Bedanya mungkin dengan kita saat ini, ia tidak hanya mampu dengan cepat mengatasi berbagai penghambatnya tetapi juga sudah tahu bagaimana mengantisipasinya.

Bagaimana dengan anda.

Jika anda masih terus membaca hingga kalimat ini, saya asumsikan anda masih tertarik mengetahui bagaimana cara yang saya lakukan untuk mendapatkan ide-ide tulisan agar blog selalu ter-update dan kelihatan fresh.

Dan, yang lebih penting lagi...

Pembaca bisa mendapatkan informasi yang berguna dari artikel yang saya tulis.

1. Baca komentar di blog orang lain


Hal ini sering saya lakukan jika blogwalking ke "kontrakan" orang lain. Baik dalam maupun luar negeri.

Akan ada dua hal yang biasanya dapat ditemukan dalam komentar-komentar tersebut, yaitu pertanyaan dan pernyataan. Kedua hal tersebut bagi saya memiliki pesan sendiri-sendiri.

Pertanyaan...

Ketika ada yang bertanya mengenai tulisan terkait artikel orang lain, hal itu bisa juga berarti bahwa artikel tersebut tidak lengkap, pembaca tidak mampu memahami sebuah persoalan hanya berbekal satu artikel tersebut. Tulisan tersebut tidak memiliki informasi yang lebih mendalam lagi.

Bisa juga karena pembaca ingin tahu dan mendiskusikan lebih jauh mengenai tulisan itu.

Anda bisa mendapatkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengunjungi blog-blog orang lain, terutama blogger yang sudah terkenal. Bisa juga dengan terlibat di forum untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan apa saja yang terbaru saat ini.

Manfaatnya...

Selain bisa mendapat ide baru, juga akan lebih mempermudah dalam memperkaya kembali isi tulisan mengenai hal yang bersangkutan. Jika memungkinkan (dan seharusnya ada), lengkapi dengan data atau fakta yang mendukung tulisan tersebut.

Tulisan yang dilengkapi dengan data dan realita yang ada akan lebih meyakinkan pembaca tentang nilai kebenaran yang anda sampaikan. Hal yang sama sering di lakukan oleh Pak Darmawan dalam berbagai artikel yang dibagikannya di PanduanIM.com.

Hasilnya...

Tidak butuh waktu lama bagi pembacanya untuk memberikan respon di kolom komentar atas berbagai artikel tersebut dan kemudian membagikannya di berbagai media sosialnya masing-masing.

Yang kedua adalah pernyataan.

Entah itu opini maupun sanggahan terkait tulisan di blog orang lain. Bisa saja apa yang menjadi pengalaman anda berbeda dengan yang lainnya.

Perbedaan terkait hal yang sama ini bisa juga anda jadikan referensi lanjutan bagi tulisan atau artikel-artikel anda.

Antara pertanyaan dan pernyataan tersebut, bisa anda perhatikan lebih jauh lagi. Mana yang memungkinkan anda untuk membantu dalam penulisan artikel kedepannya.

Yang perlu anda ingat...

Jangan sekedar membaca artikel dan berbagai komentarnya, kalau bisa juga dicatat. Kumpulkan di notepad atau di tools apapun yang memungkinkan anda mudah untuk mengaksesnya. Karena, dalam sehari kita banyak sekali mengakses berbagai informasi lewat internet.

Terkadang, artikel yang baru kemarin saja kita baca, dengan mudahnya sudah tidak kita ingat lagi. Bagaimana jika justru informasi penting yang anda lupakan?

Maka, akan sibuklah anda untuk mencarinya kembali.

2. Berlangganan di banyak blog lainnya


Gratis.

Cara kedua ini bisa dikatakan yang paling sering saya lakukan. Toh, kebanyakan kita tak dibebani dengan biaya sepeser pun.

Dan, se-pengalaman saya, banyak juga blogger yang mempublikasikan satu dan beberapa tulisannya hanya kepada subscribers-nya. Hanya bisa kita akses melalui inbox yang terdapat di e-mail yang kita daftarkan.

Selain itu, anda juga bisa mengakses informasi terbaru mengenai tulisan yang baru saja dipublikasikan oleh penulisnya.

Terlebih, bukan rahasia lagi bahwa banyak diantara tulisan yang anda sajikan bersumber atau terinspirasi dari apa yang sudah di bagikan oleh yang lainnya. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berlangganan di blog-blog terkenal yang memiliki relevansi dengan apa yang menjadi minat anda.

Relevan disini tidak hanya yang 100% berkaitan dengan niche blog anda saja. Misalnya, anda memiliki blog yang hanya membahas tentang dunia internet marketing. Dan, anda hanya berlangganan dengan blog-blog yang sejenis. Yang kontennya tidak jauh berbeda dengan blog anda.

Saya sarankan, JANGAN sebatas itu saja. Anda harus lebih kreatif lagi.

Masih banyak blog tematik lainnya yang saya rasa wajib bagi anda untuk berlangganan. Blog tentang psikologi misalnya. Bagaimanapun juga, entah itu pemasaran secara online maupun offline, anda juga tetap harus mengetahui bagaimana perilaku konsumen, bukan?

Dengan berlangganan di blog, anda juga bisa mengetahui dan memantau apa yang kompetitor anda lakukan atau langkah apa yang sudah dilakukan blogger profesional lainnya dalam menyajikan konten yang berkualitas di blognya.

3. Membaca sebanyak mungkin


Lagi-lagi tidak selamanya hanya yang berkaitan dengan konten blog anda. Bacalah juga sebanyak mungkin referensi lainnya.

Entah itu novel, penelitian ilmiah terbaru dan masih banyak lagi. Temukan referensi lain yang sekiranya bisa anda selesaikan bacaan tersebut. Jika dipikir kembali, kebanyakan manusia memang tidak hanya memiliki satu jenis bacaan saja, kan?

Buka kembali buku-buku di lemari anda yang sudah lama terbengkalai. Atau, belilah buku baru yang menarik untuk dibaca.

Dengan membaca, anda akan mendapatkan ide-ide dan perspektif baru yang bisa digunakan untuk menulis di blog. Jika anda HANYA membaca apa yang orang lain juga baca, kemungkinan anda hanya bisa memikirkan apa yang juga dipikirkan oleh orang lain.

Ujung-ujungnya, pembaca blog anda malah tidak mendapatkan hal baru dari konten yang dibagikan ke mereka. Pembaca tidak mendapatkan "kejutan" dari tulisan anda.

Padahal, terkadang judul artikel anda sudah heboh duluan.

Disaat anda membaca, kemungkinan besar anda akan menemukan kata, kalimat atau kutipan yang bisa digunakan nantinya. Bila perlu tandai berbagai kalimat tersebut dan pikirkan bagaimana akan menggunakannya dalam penulisan artikel di blog anda selanjutnya.

Sebuah kutipan dari novel yang ditulis oleh Haruki Murakami yang berjudul "Norwegian Wood" mengatakan: "Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membaca, maka kamu juga tidak memiliki waktu untuk menulis. Hanya sesederhana itu saja".

4. Menulis di tempat yang berbeda


Jika pada tahap ini anda masih belum juga mendapatkan ide untuk tulisan di blog, cobalah mengangkat kaki anda kemana pun yang diinginkan.

Terkadang ide bukanlah sesuatu yang dengan mudahnya kita panggil lalu kemudian ia datang.

Oleh karena itu, cobalah sedikit berjalan-jalan. Mau sampai ke tempat wisata pun sah-sah saja. Meskipun, bisa jadi tujuan anda hanya sebatas teras rumah atau pun ruang keluarga.

Proses ketika anda mulai berdiri hingga ke tempat atau ruangan yang menjadi tujuan anda tadi sangat memungkinkan untuk menemukan ide-ide disana.

Gak percaya?

Ini pengalaman saya, dan memang terbukti. Entah untuk menemukan ide baru atau pun melanjutkan tulisan yang tak kunjung usai.

Menulis di tempat yang berbeda juga bermanfaat untuk mendapatkan pemandangan yang menyegarkan kembali otak anda. Seperti di teras rumah tadi. Atau mungkin di taman yang dekat dengan rumah anda.

Tinggalkan sejenak ruangan menulis saat ini juga, untuk "meruntuhkan" penghalang kreativitas anda.

Coba bandingkan ketika bekerja di tempat yang sempit dengan yang luas. Bisa jadi anda akan sedikit kewalahan jika sekedar mengandalkan bekerja di ruang kamar anda. Seperti kebiasaan anda selama ini. Sesekali, cobalah mencari spot baru baik yang dekat atau pun jauh dari tempat anda saat ini, dan rasakan khasiatnya.

*lawakannya garing.

Jika merasa kesusahan untuk membawa notebook anda, cukup dengan membawa tablet atau hp yang anda miliki saat ini. Toh, kebanyakan gadget saat ini sudah sangat-sangat mendukung jika hanya untuk kebutuhan mengetik.

5. Lihat kembali kategori apasaja yang anda miliki di blog


Yupp.

Entah anda menyebutnya kategori atau label. Cobalah untuk melihatnya kembali. Tak jarang kita menemukan sebuah blog terkadang memiliki lebih dari 10 kategori. Bahkan, mungkin itu adalah blog anda sendiri.

Sebanyak atau sesedikit apapun label di blog anda, bagi saya itu bukanlah suatu persoalan. Karena, semuanya itu bisa menjadi inspirasi baru bagi tulisan saya dan mungkin juga anda.

Jangan terlalu ngotot untuk menulis artikel baru pada satu kategori tertentu. Terlebih, jika anda masih kebingungan mencari ide untuk tulisan tersebut. Bereksperimenlah pada sub-sub yang lainnya atau ciptakan yang baru.

Anda juga bisa menjadikan kategori-kategori di blog orang lain sebagai sumber ide baru bagi tulisan anda.

Manfaat dari melakukan ini adalah untuk mengetahui garis besar dari apa yang ingin anda ketik. Juga, akan membantu anda untuk mengeksplor apakah artikel-artikel sebelumnya pada kategori tertentu perlu di kembangkan lagi dengan tulisan yang baru atau tidak.

Dalam mengembangkan sebuah blog, apalagi jika ingin menghasilkan uang dari kegiatan ini, yang saya pelajari dan alami adalah juga dibutuhkannya sebuah perencanaan konten yang serius.

Dengan mengetahui berbagai sub-topik dari blog anda, maka dengan mudah pula anda merencanakan konten yang akan anda sajikan nantinya. Setidaknya, akan ada gambaran bagi anda kapan akan menulis artikel tentang label tertentu, dan kapan menulis untuk label yang lainnya.

Sekarang giliran anda!

Adakah diantara ke-lima cara yang saya lakukan diatas, juga anda lakukan untuk mendapatkan ide tulisan di blog anda? Atau mungkin anda memiliki cara lainnya yang lebih mudah untuk diaplikasikan? Silahkan bagikan pengalaman anda melalui komentar dibawah ini.